Selasa, 05 Maret 2019

CD-R dan DVD-R Hanya sekali bakar ?

Siapa yang tidak mengenal piringan tipis ini, hampir semua orang memilikinya yang tidak lain adalah sebagai media penyimpanan foto atau data pribadi seperti pasphoto atau video pernikahan mereka.
CD atau DVD memiliki 2 tipe berdasarkan cara menangani data, yaitu CD/DVD R dan RW.
Kedua tipe CD tersebut memiliki berpedaan yang cukup signifikan.

Sesuai dengan judul di atas saya hanya akan membahas CD atau DVD tipe R (Compact Disc Recordable). CD-R digunakan hanya untuk sekali menyimpan data tanpa dapat di tulis ulang. Saat pertama memburning CD-R yang masih blank atas kosong, maka data tersebut akan bersifat permanen dan tidak dapat di hapus atau edit kembali.

Saya memiliki pengalaman pada saat saya ingin membuat pasphoto di sebuah tempat usaha yang bernama Fotocopy, haha maklum saya gak punya kamera atau perangkat khusus :'3. Oke kita lanjut curhattan saya, sebelumnya saya sudah pernah ke tempat tersebut untuk membuat pasphoto namun saya harus membuatnya kembali untuk melamar pekerjaan dengan pakaian kemeja putih polos, pada saat itu juga saya membawa CD yang sudah diberikan sejak lama, CD yang isinya pasphoto menggunakan pakaian lain. Pada saat sesi mengambil gambar selesai saya meminta Editor photoshop untuk menaruh file tersebut kedalam CD lama yang saya bawa, namum Editor dan Pemilik / pekerja disitu mengatakan begini "wah gak bisa bang, ini gak bisa di bakar lagi, sudah permanen." di dalam benak saya "loh apa iya ?, perasaan sewaktu saya Prakerin dulu sering membakar file kedalam CD."

Setelah itu saya diberi sekeping kaset CD lagi yang lagi lagi isinya hanya 1 foto saja, padahal saya membawa CD lama untuk mengantisipasi CD yang berantakan dirumah.

Saya penarasan apakah perkataan pekerja fotocopy tersebut benar atau tidak saya mencari kebenaran di internet. Hasil dari penelurusan saya ternyata CD-R tidak sepenuhnya hanya sekali di bakar atau ditulis, namun CD tersebut harus memiliki kapasitas yang cukup untuk dibakar, Misalnya 1 keping CD-R memiliki kapasitas 700mb pada saat pertama kali membakar anda membakar dengan sebuah video dengan ukuran 100mb maka sisa kapasitas CD-R tersebut adalah 600mb, kemudian anda ingin menambahkan foto atau video lain ke CD-R tersebut dengan syarat tidak melebihi sisa dari kapasitas CD-R tersebut sekitar 600mb.

CD-R maupun DVD-R hanya dapat ditulis atau ditambah atau dibakar lagi dan tidak dapat di Format ulang layaknya Flashdisk. Pada beberapa kasus, CD atau DVD tipe R yang belum penuh dapat diformat ulang dan dihapus, namun kapasitas penyimpanan tidak akan berubah seperti pertama kali membelinya. Sebagai contoh, anda memburning CD-R 700mb dengan file 600mb maka sisanya 100mb lagi, setelah itu anda mencoba untuk memformat CD-R tersebut, setelah itu File kemungkinan akan terhapus atau hilang namun Kapasitas CD-R yang diformat tetap 100mb.

Yahh, hanya ini yang dapat saya tulis di blog saya ini, saya berharap anda anda semuanya yang membaca artikel ini dapat memahami isi dan memaklumi gaya bahasa dan penumisan saya di blog ini karena pada dasarnya saya masih tahap belajar menulis artikel. Saya memohon untuk memberikan komentar,kritik,saran di blog saya ini agar kedepannya saya membangun blog yang baik.
Terima kasih :) .....

1 komentar: